Kamis, 24 Oktober 2013

Makan Buah Dulu, Baru Makan Nasi? Gak Kebalik?

Halo cong, kali ini ane mau ngasih info kesehatan soal makan buah duluan sebelum makan nasi, gak kebalik? haha
Banyak orang yang bilang kalo buah itu makanan penutup(oo..ya) alias pencuci mulut(sabun kalee..) Nih ane ada artikelnya!!! Iqro' men..Iqro'...!!! baca!

Menurut ilmu biologi, setelah nasi masuk ke dalam tubuh maka akan diproduksi L-Tryptophan, yaitu asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita jatuh tertidur. Makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh.
Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Akibatnya, akan terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L-Tryptophan dalam darah dan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk. Itulah mengapa sebabnya setelah makan berat biasanya kita akan mengantuk dan ingin tidur. Perlu diingat, buah merupakan bahan makanan yang mengandung fruktosa sehingga dapat pula menimbulkan peningkatan kadar insulin. Dan untuk itu, makan buah dianjurkan sebelum makan nasi karena untuk menghindari kerja berat dari pankeras menghasilkan insulin.
Jika makan nasi lebih dulu, pankreas akan bekerja berat untuk mengolah nasi dan protein yang ada dalam lauk pauk dan memerlukan waktu berjam-jam. Sehingga, jika buah dimakan setelah makan nasi, maka buah yang sudah berada di dalam perut akan mengalami antrian yang panjang untuk diproses sehingga menjadi busuk. Karena sifat buah yang tak bisa bertahan lama.
Kita tentu pernah melihat apel yang sudah terkelupas kemudian terlalu lama dibiarkan maka lama-lama akan kuning dan bisa membusuk. Itu hanya didiamkan dan hanya terkena udara. Lalu bagaimana jika dicampur olahan makanan di dalam perut kita? Sudah pasti lebih dulu membusuk sebelum dapat diproses.

masih mau lo makan nasi duluan???

Ente tau ga kenapa Rosulullah SAW gak pernah sakit perut selama hidupnya?
ane kasih tips dari beliau nih:
http://www.beritaunik.net/tips-trik/tips-makan-ala-rasulullah-saw.html

Insyallah bermanfaat!!

NB : Saya juga pernah baca kalo tips sehat Ade Rai gak beda jauh sama tips dari Rosulullah SAW.

Tidak ada komentar: